Jumat, 23 November 2012

Peranan ekosistem mangrove

Mangrove merupakan tumbuhan peralihan antara darat dan laut. Mangrove mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan, baik dari segi ekologis dan manfaat untuk kehidupan manusia. berikut adalah fungsi-fungsi dari mangrove...

1. Sebagai peredam gelombang dan angin badai, pelindung pantai dari abrasi, penahan lumpur dan penahan sedimen (sediment trap) yang diangkut oleh aliran air permukaan.

2. Sebagai penghasil sejumlah besar detritus, terutama yang berasal dari serasah daun dan ranting pohon  mangrove yang rontok. Sebagian dari detritus ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan bagi organisme pemakan detritus detritivore dan sebagian lagi didekomposisi oleh bakteri decomposer menjadi bahan-bahan anorganik (nutrien) yang berperan dalam menyuburkan perairan dan tentu saja kesuburan mangrove itu sendiri. 

3. Sebagai daerah asuhan (nursery ground), daerah mencari makan (feeding ground) dan daerah pemijahan (spawning ground). Bermacam macam biota perairan baik yang hidup diperairan pantai maupun di lepas pantai. Disamping itu ada beberapa organisme perairan yang menjadikan ekosistem mangrove sebagai habitat utamanya.. Fungsi ini memungkinkan ekosistem mangrove berperan dalam memberi energi bagi revitalisasi sumberdaya perikanan di laut. Selain organisme perairan beberapa hewan dari jenis reptil, burung dan primata juga menjadikan mangrove menjadi habitatnya. 


Beberapa jenis mangrove dapat digunakan sebagai bahan obatobatan tradisional. Menurut Inoue, dkk. (1999).air rebusan Rhizopora apiculata dapat digunakan sebagai astringent. Kulit Rhizopora mucronata dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan. Air rebusan Ceriops tagal dapat digunakan untuk antiseptik luka dan sebagainya. Air rebusan Acanthus illicifolius dapat digunakan untuk obat dai betes/kencing manis. Menurut Higaki (1980) kulit Ceriops dapat digunakan sebagai pengganti kina. Selain manfaat langsung, kawasan mangrove juga dapat dimanfaatkan sebagai areal mencari ikan, udang dan kekerangan serta dapat digunakan sebagai areal budidaya ikan. sumber : Sunarto (2008)


so guys udah tau kan pentingnya mangrove sekarang....
jadi kita harus tetap memanfaatkannya dengan mememerhatikan konservasinya juga ya guys ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll

About

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified