Minggu, 24 Juni 2012

MANGROVE CULTIVATION 2012


MANGROVE CULTIVATION 2012

Mangrove Cultivation (MC) 2012 yang bertemakan Mangrove For Adventure, merupakan program seminar nasional, penyuluhan, pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove yang diselenggarakan oleh KeSEMaT sebagai program tahunannya. Acara ini diikuti oleh kurang lebih seratus orang perserta dan panitia yang berasal dari seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Universitas Jenderal Soedirman yaitu perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HIMAKEL) oleh sdri. Danesha Galuh. Seminar nasional, pelatihan pengenalan spesies mangrove, coastal cleaning up dan beberapa pelatihan mangrove lainnya menjadi alur acara dari kegiatan ini. Selain itu acara ini juga diisi dengan lomba cerdas cermat, pentas seni sehingga jalannya acara semakin menarik.
Kegiatan pertama diawali dengan pelepasan peserta di Gedung Serba Guna UNDIP Semarang (18/5) menuju Teluk Awur, Jepara. Sampai di Perkampungan MC 2012 yang merupakan perkemahan di tepi pantai yang dikelilingi hutan mangrove Teluk Awur, Jepara. Peserta dan panitia membersihkan diri, sholat, dan makan. Selepas makan malam diadakan ramah tamah dan silaturahmi antara panitia dan peserta.
Seminar Mangrove Nasional diadakan pada tanggal 19 mei pukul 09.00 di Kampus Ilmu Kelautan UNDIP, Jepara. Acara ini dihadiri oleh Bapak Tommy Hermawan dari Mangroves For The Future, Medina Kamil dari Jejak Petualang Trans 7 dan Cahyadi Adhe Kurniawan dari KeSEMaT. Narasumber menjelaskan mengenai kegiatan dari program mangroving dari institusi masing-masing. Selanjutnya merupakan pelatihan pembibitan, penanaman dan pemeliharaan mangrove di Mangrove Education Center of KeSEMat (MECoK) yang pada saat pembibitan diikuti oleh Medina Kamil. Setelah selesai menanam kurang lebih seratus bibit mangrove dengan jenis Rhizophora dan Ceriops, acara dilanjutkan dengan perang lumpur dengan tujuan untuk mengakrabkan antar peserta dan panitia. Setelah itu membersihkan diri di Teluk Awur dan acara makan bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan acara cerdas cermat mangrove dan pentas seni yang dipandu oleh KeSEMaT.
Hari ketiga merupakan acara coastal cleaning up dan pembagian sertifikat MC 2012. Sebelum penutupan diadakan pemantapan materi oleh ketua pelaksana MC 2012,dan  Pendiri KeSEMaT. Setelah penutupan, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Masjid Agung Demak, wisata belanja di pasar tradisional Demak dank e kawasan mangrove di desa Bedono Demak yang telah tenggelam oleh laut sebagai akibat dari ditebangnya pohon mangrove. Keseluruhan acara MC 2012 berlangsung dengan lancer, yang diakhiri dengan berkumpulnya kembali para peserta MC 2012 di Gedung Serba Guna UNDIP, Tembalang Semarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogroll

About

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified